Wednesday, 18 April 2012

Air (Water)


Definisi Air
Air merupakan zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan sampai saat ini di bumi. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi.  Sebagian besar air terdapat di laut dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat menjadi sebagai awan, hujan, sungai, danau, uap air dan lautan es.
Air yang bersih sangat penting bagi kehidupan manusia dan alam sekitar. Sekitar 70 atau 90 persen bahan organic terdiri dari air. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Eropa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.
Secara kimia, Air merupakan senyawa yang paling melimpah di permukaan bumi yang memiliki rumus kimia H2O. sebuah molekul air tersusun atas dua atom hydrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen.
Air memiliki sifat tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau pada kondisi standart, yaitu satu atom dan 0 oC. air juga merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam, gula, asam, beberapa jenis zat, dan berbagai macam molekul organik.


Sifat-sifat Air
Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, permukaan air selalu mendatar dan bentuk air selalu sesuai dengan tempatnya.

Air memberikan tekanan ke semua arah, meresap melalui celah-celah, dapat berubah wujud jika dipanaskan/didinginkan.

Peristiwa Dalam Air
Beberapa macam benda padat apabila dimasukkan ke dalam air maka akan mengalami peristiwa yang berbeda-beda :
1.  Tenggelam : Bila benda turun sampai ke dasar air, karena massa jenis benda lebih besar dari massa jenis air.
Misalnya : Batu, besi, tanah, dan lain-lain.

2.  Terapung : Bila benda berada di permukaan air, karena massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis air.
Misalnya : Kayu, kapal laut, sterofom, dan lain-lain.

3.  Melayang : Bila benda berada diantara permukaan dan dasar air, karena massa jenis benda sama dengan massa jenis air.
Misalnya : Kapal selam, penyelam, dan lain-lain.
Post a Comment